CARA MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH AGAR TIDAK MUDAH SAKIT



MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH AGAR TIDAK MUDAH SAKIT
Daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh harus dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.
1.  Menerapkan Gaya Hidup Sehat
Agar daya tahan tubuh dapat bekerja dengan baik sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit, kita perlu menerapkan pola hidup sehat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita :
a.               a. Mengonsumsi sayur dan buah
Mengonsumsi sayur dan buah sangatlah disaranka, karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan virus dan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh kita.
  1. Istiharahat Dengan Cukup
Beristirahatlah sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu untuk istirahat sekitar 7-8 jam, sedangkan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam dalam perhari.
  1. Hindari stres
Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  1. Melakukan Olahraga Dengan Rutin
Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita adalah menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkan hidup sehat kita akan terhindar dari penyakit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. 

Comments

Popular Posts