ANALISA POSTER IKLAN ROKOK GUDANG GARAM MERAH








Analisa poster iklan rokok Gudang Garam Merah
Latar Belakang :

    Gudang Garam adalah sebuah merek atau perusahaan produsen rokok populer asal Indonesia. Didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, perusahaan rokok ini merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar setelah Djarum dalam produksi rokok kretek. Perusahaan ini memiliki kompleks tembakau sebesar 514 are di Kediri, Jawa Timur. Produk ini telah menebar ke seluruh pelosok tanah air. Tidak hanya ditemui di warung, tetapi juga ada di toko besar seperti alfamart, transmart dan yang lainnya.
 
    Saat ini produk Gudang Garam merupakan perusahaan rokok yang unggul diindonesia dari pada Djarum, gudang garam memiliki strategi pemasaran yang baik dalam mencuri hati pecinta rokok, dan rasa yang di sajikan oleh Gudang Garam cukup memikat hati penikmat rokok. Salah satu contoh iklan Gudang Garam yang akan saya analisa adalah iklan dari rokok Gudang Garam Merah dengan slogan Nyalakan MerahMu.
    
    Periklanan adalah fenomena bisnis modern di Era sekarang ini, setiap perusahaan pasti ingin maju dan memenangkan kompetisi bisnis menggunakan iklan. Iklan juga bisa dikatakan sebagai jendela kamar dari sebuah perusahaan, keberadaan iklanlah yang menghubungkan perusahaan dengan masyarakat khususnya konsumen. Iklan produk adalah iklan yang berisi pesan tentang barang, sementara iklan bukan produk berisi informasi atau jasa.
Salah satunya adalah tampilan iklan yang menggambarkan seorang Sarjana yang tingkat pendidikannya paling tinggi tetapi hanya bekerja menjadi seorang supir ojek. Positioning produk Rokok Gudang Garam Merah yang ditujukan kepada orang-orang yang berkepribadian yang kuat, pemberani, aktif diwakili oleh tanda-tanda narasi iklan versi “Sarjana Ojek”.Slogan “Nyalakan Merahmu” mengandung pesan tertentu. Gudang Garam Merah mengeluarkan slogan tersebut bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan semangat, berani, percaya diri, kekuatan untuk berkarya. Di samping itu tujuan iklan televisi tersebut adalah untuk mengingatkan dan memberikan dorongan kepada khalayak atau pemirsa agar membeli rokok Gudang Garam Merah.
 
    Analisa Visual
        1. Gambar memperlihatkan seorang pria yang menggunakan kemeja coklat yang lusuh dan sedang membenahi sebuah bagian dari mesin dan mencoba untuk memperbaikinya. Pada tataran konotasi gambar tersebut mempunyai makna seorang pria yang mencoba keluar dari kesulitan, seorang pria yang mencoba menaklukkan tantangan, seorang pria yang mencoba sejauh mana kemampuan atau batas dari dirinya.
        2. Gambar memperlihatkan susunan buku yang berantakan yang menggambarkan bahwa memang buku itu sering dibaca dan berantakan dalam gambar menggambarkan bahwa hidupnya yang juga sedang berantakan.
        3. Ruang gambar yang sempit menunjukan kondisi yang sedang dialami sangat sempit tidak seluas lautan.
        4. Warna baju dan background Coklat muda menunjukan tentang realitas, produktivitas, pekerja keras, dan pemikiran yang matrealis.
        5. Warna gambar dibuat seperti creame yang berarti sebuah kelembutan dengan kegigihan bersifat klasik.
        6. Property yang digunakan adalah buku yang menunjukan bahwa ia sedang belajar dan mencoba mencari sebuah jawaban dengan berbagai sumber dan referensi.
        7. Ekspresi tokoh dalam poster tesebut menujukan bahwa dia sedang berusaha keras dengan tatapan mata tenang, penuh harap dan sangat teliti.
        8. Logo Gudang Garam dan dengan background merah yang memberikan kesan sebuah kehangatan, kebahagiaan, keberanian, gairah, dan semangat.
        9. Tulisan Gudang Garam yang diberi warna putih yang dibeiri list warna hitam, yang memberikan kesan kemurnian, bersih, percaya diri, kesederhanaan dan kesempurnaa yang dibalut dengan suatu yang mengikat atau kekuatan.
        10. Tulisan NYALAKAN pada gambar yang dibuat capital dan diberi warna biru dengan list putih memberikan kesan sebuah kebijakan, loyalitas, kepandaiian dan menekankan kepada sebuah ketenangan dan keingginan. Warna biru juga menampilkan kesan tentang teknologi, kedalaman niat seseorang. List putih pada tulisan memberikan arti kesempurnaan dan kesederhanaan.
        11. Tulisan MU! Dengan tanda seru memberikan sebuah tekanan atau perintah yang keras. Menunujukan sebuah paksaan atau perintah keras kepada pembaca.
        12. Bentuk gambar yang dibuat kotak mengesankan formalitas, perintah dan rasioanalitas. Namun bentuk kotak juga memiliki kesan kejujuran dan kestabilan. Dari segi psikologi bentuk kotak memiliki kesan kemapanan, keamanan, damai dan persamaan.



Comments

  1. PT. ASIK memproduksi berbagai macam Rak Supermarket / Rak Minimarket Back panel cocok untuk rak Display toko, yang mampu menahan beban 75 kg/shelving.

    Kami juga menyediakan perlengkapan Rak gondola dan meja kasir untuk minimarket atau supermarket, dan untuk usaha kegiatan lainnya.

    1/. Rak Minimarket

    2/. Pabrik Rak Minimarket

    3/. Rak Surabaya

    4/. Pusat Pabrik Rak Minimarket Bahan Baja


    Berminat?? segera hubungi kami !! Tlp 0812 3333 5635 / 0823 2868 9339

    Supported By :
    1/. Jasa Aqiqah Surabaya

    2/. Service Ac Surabaya - Juna Tehnik

    ReplyDelete

Post a Comment